Halaman

ANALISIS PEREKONOMIAN TERTUTUP

Perekonomian Sederhana (Tertutup)
Perekonomian sederhana yaitu tidak mengenal keterlibatan pemerintah dalam kegiatan perekonomian. Sedangkan perekonomian tertutup adalah arus perekonomian yang tidak melibatkan luar negeri sehingga tidak mengenal ekspor dan impor. Kesimpulannya perekonomian sederhana (tertutup) yaitu sistem perekonomian yang hanya melibatkan dua pelaku yaitu rumah tangga dan perusahaan.
·   Sehingga dengan asumsi tidak adanya ekspor dan impor dan tidak ada pemerintah maka komponen permintaan agregat (aggregate demand) atau output sama dengan konsumsi (dengan notasi C) ditambah dengan investasi (dengan notasi I).
Y = C + I     (1)
·   Dari sisi alokasi income atau konsumen maka income yang didapat akan digunakan sebagian besar untuk konsumsi dan sisanya akan ditabungkan (S), hal ini karena konsumen tidak mempunyai usaha sendiri seperti halnya dengan produsen sehingga formula (1) diatas dapat ditulis sebagai berikut:
Y = C + S     (2)
·         Bila kedua persamaan diatas digabung maka didapat:
C + I = Y = C + S     (3)
·         Persamaan diatas akhirnya menjadi:
I = S         (4)

Konsumsi dan Investasi
Apabila tabungan berjumlah cukup besar, maka akan digunakan untuk kegiatan menghasilkan kembali barang dan jasa yang diperlukan konsumen. Dengan kata lain, tabungan akan digunakan melakukan investasi. Bila digambarkan dengan rumus, maka akan didapat rumus berikut ini :
Y = C + S
Y = C + I sehingga I = S

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Investasi
·    Tingkat bunga. Kenaikan tingkat bunga akan mengurangi keinginan untuk berinvestasi, dan sebaliknya.
·    Jumlah permintaan. Semakin besar tingkat permintaan konsumen terhadap barang dan jasa, keinginan untuk melakukan investasi juga semakin besar.
·      Perkembangan teknologi. Kemajuan teknologi juga akan meningkatkan keinginan untuk berinvestasi, karena teknologi yang maju akan mengurangi biaya produksi dan meningkatkan jumlah keuntungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AYAM RICA – RICA

  BAHAN : ·          ½ Sayap ayam potong jadi tiga per sayam atau dua ·          1 Tempe potong dadu jangan terlalu kecil juga janga...