Halaman

REKONSILIASI BANK (BANK RECONCILIATION)


Rekonsiliasi Bank merupakan pencocokkan antara saldo menurut pembukuan Perusahaan dengan saldo menurut pembukuan Bank. Karena setiap perusahaan pasti memiliki akun di bank untuk menyimpan uang mereka. Pembukaan rekening perusahaan di bank bertujuan untuk mengendalikan kas perusahaan secara umum. Meski demikian, perusahaan harus memiliki catatan sendiri mengenai dana yang keluar atau masuk, tidak sepenuhnya bergantung pada catatan dari bank. Namun demikian, sering ditemukan selisih antara catatan perusahaan dengan bank, Oleh karena itu, Bank secara berkala mengirimkan statement berupa laporan rekening koran  yang bersisi informasi tentang seluruh transaksi penyetoran maupun pengambilan oleh nasabah/perusahaan selama periode tertentu serta dilengkapi dengan bukti chek untuk bukti pelengkap. Jika terdapat perbedaan, maka hal ini disebabkan karena : Adanya perbedaan waktu pencatatan dan Adanya kesalahan pencatatan.

Pos-pos Yang Menyebabkan Perbedaan (Pos-pos Rekonsiliasi) :
1.   Setoran dalam perjalanan (Deposit in Transit) : yaitu perusahaan sudah melakukan pencatatan Namun Bank belum melakukan pencatatan  
2.  Cek yang masih beredar (Outstanding Cheque) : yaitu perusahaan sudah melakukan pencatatan Namun Bank belum mencatat karena penerima cek belum menguangkannya ke Bank.
3.  Cek kosong ( Non Cash Fund ) : yaitu cek yang pada saat dicairkan ternyata tidak ada dananya atau cek yang dananya tidak mencukupi. Kemudian perusahaan sudah mengakui adanya penerimaan kas tetapi bank belum.
4.  Biaya Adm. Bank : Bank langsung mengurangi giro perushaan Namun, perusahaan belum mencatat, sebelum menerima laporan dari Bank (memo debit)
5.  Pelunasan dari Pelanggan melalui Transfer Giro : Perusahaan baru mengetahui bertambahnya saldo kas setelah menerima laporan dari Bank (memo kredit)
6.  Pendapatan Jasa Giro Bank : Bank langsung menambah ke rekening giro perusahaan Namun, perusahaan belum mencatat, karena belum menerima laporan Bank (memo kredit)
7. Kesalahan Pencatatan di Buku Perusahaan atau di Buku Bank

BENTUK LAPORAN REKONSILIASI
Saldo akhir menurut pembukuaan perusah:
Ditambah :
+ Penerimaan kas yang sudah dicatat oleh Bank tetapi perusahaan belum mencatat
+ Koreksi yang menambah sa perusahaan
Dikurangi :
- Pengeluaran kas yang sudah dicatat oleh Bank tetapi perusahaan belum mencatat
- Koreksi yang mengurangi sa perusahaan
Saldo akhir menurut R/K (Bank) :
Ditambah :
+ Penerimaan kas yang sudah dicatat oleh perusahaan tetapi Bank belum mencatat
+ Koreksi yang menambah saldo di Bank
Dikurangi :
- Pengeluaran kas yang sudah dicatat oleh perusahaan tetapi Bank belum mencatat
-  Koreksi yang mengurangi saldo di Bank
Saldo disesuaikan = …………….
(yang benar)
Saldo disesuaikan = …………….
(yang benar)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AYAM RICA – RICA

  BAHAN : ·          ½ Sayap ayam potong jadi tiga per sayam atau dua ·          1 Tempe potong dadu jangan terlalu kecil juga janga...